Guru dan karyawan SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Mengikuti Vaksinasi covid-19 Tahap 1

Bertempat di gedung Dispopar (Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata)Kota Bontang Jalan Jendral Sudirman RT 06, Kelurahan Tanjung Laut – Kecamatan Bontang Selatan, Jum’at, 9 April 2021 sebanyak 56 guru dan karyawan SMP Yayasan Pupuk Kaltim mengikuti kegiatan Vaksinasi Covid-19 tahap ke 1. Kegiatan ini diikuti dalam rangka ikut mendukung program pemerintah untuk menekan laju pandemi yang sudah berlangsung dalam kurun waktu 1 tahun belakangan ini.


Kegiatan vaksinasi tahap 1 ini dimulai dari pukul 08.00 pagi s/d selesai dan diikuti oleh guru-guru tingkat SMP dan SMA se-kota Bontang. Adapun untuk guru SMP Yayasan Pupuk kaltim mendapat waktu vaksinasi dari pukul 08.00 s/d pukul 09.30 pagi. Bagi SMP Yayasan Pupuk kaltim, kegiatan vaksinasi ini adalah untuk mempersiapkan pembelajaran tahun ajaran baru 2021-2022 yang direncanakan akan dilakukan secara tatap muka. adapun di hari sebelumnya sebagian dari guru yang mendapat tugas untuk mengawas ujian akhir sekolah kelas 9 yang dilaksanakan dari tanggal 8 s/d 12 April 2021 juga telah melakukan test anti gen guna memastikan kegiatan ujian yang dilakukan di sekolah aman dari Covid-19.

Kepala Sekolah SMP YPK, Bp. Sinto, S. Pd. sedang menerima suntikan vaksinasi Covid-19

Ibu Sri Wahyuni, S. Pd., salah satu guru bahasa Indonesia SMP Yayasan Pupuk Kaltim saat diwawancarai tim redaksi usai mengikuti kegiatan vaksinasi mengatakan bahwa dirinya merasa tenang dan merupakan pengalaman pertama baginya dan tidak semenyeramkan yang dibayangkannya sebelumnya. Beliau juga mengajak kepada rekan-rekan lain untuk tidak takut untuk mengikuti vaksinasi ini.


“Tadi saya dan rombongan guru SMP YPK melaksanakan Vaksinasi Covid-19 yang sudah dijadwalkan oleh pemerintah di Gedung Dispopar Kota Bontang. Hal tersebut merupakan pengalaman pertama bagi saya, kesannya selama mengikuti vaksinasi hari ini, Alhamdulillah segala tahap yang dilalui berjalan lancar, tertata dengan tertib, dan sesuai aturan prokes. Walaupun harus melalui antrian dan beberapa tahap yang cukup panjang, namun semuanya dilakukan untuk kebaikan diri sendiri dan orang banyak. Untuk vaksinnya sendiri tidak semenyeramkan yang terbayangkan saat mendengar pemberitahuan akan vaksin, efek samping yang dirasakan dari setelah vaksin pun hanya sedikit nyeri pada lengan dan sedikit pusing seperti sedang mengantuk. Selebihnya terasa normal-normal saja. Petugas vaksin juga menjelaskan bahwa efek sampingnya juga dapat berupa demam, namun tidak masalah selama bukan demam tinggi. Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat dan sampaikan saja gejala-gelaja (jika sedang sakit) yang dirasakan agar dapat terdeteksi dan petugas vaksin tahu apakah tubuh kita siap untuk menerima vaksin atau tidak. Jadi, buat Anda yang belum Vaksin Covid-19, tidak perlu risau karena dengan dibarengi niat yang baik Insya Allah akan membuahkan hasil yang baik juga. Berani Vaksin, Berantas Virus Covid-19!” Ungkap Ibu Sri Wahyuni, S. Pd.

Salah satu tenaga pengajar SMP YPK sedang mengikuti tahapan vaksinasi Covid-19 yaitu Screening Kesehatan

Adapun alur proses vaksinasi tahap 1 tersebut meliputi 5 tahapan yaitu sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dan pencocokan data peserta,
  2. Screening kesehatan peserta,
  3. Proses pemberian vaksin ke tubuh,
  4. Screening penyakit tidak menular seperti gula darah dan kolesterol, dan
  5. Observasi gejala yang timbul setelah pemberian vaksin.
Bp. Hendro, selaku guru BK SMP YPK sedang menunjukkan kartu vaksinasi covid-19

Pada tahap observasi ini setiap peserta yang sudah menerima vaksin dicek kembali kondisi kesehatannya untuk memastikan tidak ada efek samping yang tidak diinginkan. Tim dokter pelaksana vaksinasi menyampaikan kepada setiap peserta untuk segera menghubungi call center petugas Covid-19 Kota Bontang atau langsung menuju ke Pusat kesehatan terdekat jika ada gejala sakit yang timbul. Sementara itu untuk Vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan dalam 2 tahap dimana tahap kedua akan dijadwalkan pada bulan Mei tahun 2021 ini. Semoga dengan kegiatan ini pandemi bisa segera berakhir dan ekonomi kembali pulih dan menggeliat lagi. (Mr. Zu)